MIKROTIK

Mikrotik adalah sistem operasi yang berbasis perangkat lunak (software) yang dipergunakan untuk menjadikan komputer sebagai router sebuah jaringan. Selain itu, Mikrotik juga menggunakan sistem operasi berbasis Linux dan menjadi dasar network router. Sistem operasi (OS) ini sangat cocok untuk membangun administrasi jaringan komputer yang berskala kecil hingga besar.

Sejarah Mikrotik

Nama Mikrotik sendiri merupakan nama perusahaan kecil yang berkantor di pusat negara Latvia, dan dibentuk oleh John Trully serta Arnis Riekstins. Sekitar tahun 1966, mereka berdua memulai dengan sistem operasi Linux dan MS DOS dan dikombinasikan dengan teknologi berbasis wireless (nirkabel) LAN atau WLAN Aeronet yang berkecepatan hingga 2 Mbps di Moldova.

Seiring berjalannya waktu, prinsip dasar dari mikrotik bukan membuat wireless ISP (Internet Service Provider)  lagi. Akan tetapi, dapat membuat program router yang andal dan dapat dijalankan di seluruh negara.

Sejak awal, Mikrotik hanya fokus untuk perusahaan jasa layanan internet (PJI) atau Internet  Service Provider (ISP) yang melayani jasa servis kepada pelanggannya dengan memakai  teknologi wireless atau nirkabel. Dalam sejarah Mikrotik, pada awalnya John dan Arnis ( sang  pendiri ) hanya ingin membangun software untuk Routing, sementara kebutuhan akan  perangkat keras juga terus berkembang. 

Oleh karena itu, akhirnya mereka membuat berbagai perangkat keras yang berhubungan  dengan software yang kemudian mereka kembangkan lebih lanjut. Keunggulan Mikrotik  berada pada perangkat lunak Routernya, karena terlihat mereka berjualan perangkat W-LAN  dengan antena omni.

Apa Itu Mikrotik ?

Sebuah sistem operasi berupa perangkat lunak (Software) berbasis linux dengan menggunakan teknologi untuk memberikan layanan internet dengan menjadikan komputer sebagai Router jaringan.

Oleh karena itu, Mikrotik dan Router itu berbeda. perbedaan dari keduanya yaitu Mikrotik yang merupakan perangkat lunak(software), Sementara itu, Router adalah sebuah perangkat keras(hardware) kedua hal ini saling terhubung karena router yang menjembatani user untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya.

Di dalam router, komputer juga mencakup banyak fitur seperti IP Network jaringan wireless, provider warnet, dan hotspot. Jadi, dapat dikatakan mikrotik adalah sistem operasi yang sangat mempermudah user.

Fungsi Mikrotik

Setelah mengetahui sejarah singkat dari mikrotik, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi – fungsi yang dimilikinya.

MikroTik merch

Have you always wanted a MikroTik tote, mug or pencil? well, now you can!

INOVASI BERKELANJUTAN

Teknologi yang dikembangkan oleh MikroTik juga patut mendapat perhatian. Salah satu inovasi kuncinya adalah RouterOS, sistem operasi jaringan yang serbaguna dan kuat. RouterOS menawarkan berbagai fitur yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna, mulai dari routing hingga firewall dan manajemen bandwidth. Selain itu, MikroTik juga terkenal dengan teknologi Load Balancing yang efisien, VPN (Virtual Private Network), dan manajemen jaringan yang dapat diperluas. Dengan fokus pada penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan, MikroTik terus berusaha untuk menghadirkan solusi jaringan terbaik bagi pelanggannya di seluruh dunia, menjadikannya pemain kunci dalam peta global industri jaringan.

Contact Us

Copyright © AKD Blokagung 2024